Festival Imlek Indonesia
Pesona Sumatera Selatan

Tentang Kegiatan Ini

Festival Imlek Indonesia merupakan perhelatan yang dilaksanakan guna mendukung perayaan imlek dan cap go meh di kota Palembang. Setelah sukses mengadakan kegiatan serupa pada tahun 2015, Kelompok Kompas Gramedia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kembali melaksanakan Festival Imlek pada tanggal 11 – 12 Februari 2017 di PSCC Palembang.

Pada kegiatan ini akan dilaksanakan kirab budaya, penampilan dan atraksi seni oleh berbagai paguyuban Tionghoa dan paguyuban lainnya, pemutaran film pendek, stand up comedy dan berbagai penampilan lainnya.

Di sisi lain perkembangan netizen akhir-akhir juga semakin meningkat. Netizen merupakan kelompok yang baru muncul akhir-akhir ini, di mana netizen adalah kelompok yang aktif di internet dan merupakan bagian dari komunitas online yang ada di internet. Berdasarkan data Markplus, diperkirakan ada 31.7 juta netizen di Indonesia pada tahun 2013 dan angka ini akan semakin meningkat. Di 2015, pengguna internet sudah mencapai 82 juta. Dengan posisi netizen sebagai pengguna internet yang aktif, para netizen mampu menyebarkan informasi di dunia maya melalui media sosial termasuk juga informasi tentang Festival Imlek Indonesia.

Dari 82 juta pengguna internet, 5 juta pengguna adalah blogger. Saat ini, blog menjadi salah satu tempat untuk mencari informasi di dunia maya. Blog dapat menjadi sarana untuk menyebarkan informasi tentang Festival Imlek Indonesia melalui tulisan dan gambar yang menarik perhatian pembacanya. Sementara pengguna instagram asal Indonesia diperkirakan berjumlah 22 juta pengguna. Sehingga instagram merupakan tempat yang tepat untuk berpromosi tentang Festival Imlek Indonesia di Internet.

Untuk meningkatkan minat masyarakat akan Festival Imlek Indonesia akan digelar lomba blog dan foto di Instagram.

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memeriahkan Festival Imlek Indonesia dan mempromosikan Festival Imlek Indonesia di dunia maya. Sehingga anak muda menjadi tertarik untuk datang dan mengenal perayaan imlek dan cap go meh yang berlangsung di kota Palembang. Selain itu, informasi Festival Imlek Indonesia dapat diakses lebih mudah di dunia maya sehingga orang yang berasal dari luar Palembang dapat mengetahui tentang Festival Imlek Indonesia di internet.

Hasil yang Diharapkan

  • Peserta menghasilkan tulisan tentang Festival Imlek Indonesia yang menarik dan dapat diakses di dunia maya.
  • Peserta lomba blog memposting hasil tulisan di social media masing-masing dengan hashtag #pesonasriwijaya #wonderfulsriwijaya dan #FestivalImlekIndonesia
  • Peserta lomba foto di instagram untuk Festival Imlek Indonesia dapat mengupload hasil foto mereka selama berada di Festival Imlek Indonesia dengan hashtag #pesonasriwijaya #wonderfulsriwijaya dan #FestivalImlekIndonesia